Bikin Game Tangkap Nyamuk

Publish: 30 Juli 2012, Telah di Revisi 30 Januari 2013 | Author & Copyright: Irman Maulana | Status: FREE tutorial

Gak bisa tidur gara-gara banyak nyamuk? Pakailah obat nyamuk atau raket nyamuk! Ampuh ngusir nyamuk sampe pagi, walah, malah pasang iklan, hehee,.. semua orang pasti gak betah kalo di rumah banyak nyamuk. Apalagi kalo nyamuk nya susah di tangkap, malah makin stress kan,..? nah, daripada kesel ngurusin nyamuk di rumah, mending urusin nyamuk yang satu ini.

Gak usah buru-buru beli raket nyamuk, karena yang dimaksud ialah kita akan membuat permainan Games Tangkap Nyamuk dengan menggunakan Adobe Flash. Rasakan kenikmatan meSM*SH nyamuk!! Caranya?
Ikuti tutorial Flash berikut ini:

1.] Buka program macromedia flash atau adobe flash (sama saja karena script yang digunakan masih action script 2.0)

2.] Setting ukuran stage menjadi 800×600 pixel.
Buat movie clip baru dengan memilih menu Insert > New Symbol. Beri nama nyamuk.

3.] Pada editor movieclip, buatlah gambar nyamuk! gak usah ribet-ribet yang penting kelihatan kayak nyamuk.
nyamuk
gambar : nyamuk

4.] Pada frame 2, buat blank keyframe baru (F7). lalu gambarlah objek darah seperti di bawah ini.
nyamuk Mati

gambar : Nyamuk mati

5.] Ubah gambar darah tadi menjadi movie clip dengan mengklik kanan pada objek pilih Convert to Symbol.

6.] Pada frame 10, buat keyframe(F6) kemudian buka panel properties. Kemudian ubah color dengan alpha dengan persentase 0%.

image ilmugrafis
image ilmugrafis

7.] Klik kanan di tengah frame lalu pilih Create Motion Tween.

Create Motion Tween
Create Motion Tween

8.] Pada frame 1. Buka panel action kemudian beri perintah stop();

9.] Keluar dari editor, lalu masukan movieclip nyamuk yang telah kita buat dari library ke stage dengan cara mendrag nya.
Taruh movieclip nyamuk di luar area stage karena movieclip yang asli tidak kita gunakan.

10.] Klik movie clip nyamuk kemudian buka panel action. Ketikan script di bawah ini.

//kondisi awal
onClipEvent(load) {
moveX=0;
moveY=0;
nyamukMati=0;
}
onClipEvent(enterFrame) {
//menentukan pergerakan acak pada nyamuk
acakMoveX=Math.floor(Math.random()*10);
acakMoveY=Math.floor(Math.random()*10);
if(nyamukMati==0)
{
if(acakMoveX<2) {
moveX =20;
}
else if(acakMoveX>6) {
moveX =-20;
}
if(acakMoveY<2) {
moveY =20;
}
else if(acakMoveY>6) {
moveY =-20;
}

if(this._y>600)
{
this._y=0;
}
else if(this._y<0)
{
this._y=600;
}
else if(this._x<0)
{
this._x=800;
}
else if(this._x>800)
{
this._x=0;
}
}
else
{
moveX=0;
moveY=0;
}
this._x +=moveX;
this._y +=moveY;

//menghapus movieclip nyamuk yang mati
if(this._currentframe==10)
{
removeMovieClip(this);
}
}

//kondisi saat nyamuk terpukul raket
onClipEvent(mouseDown)
{
if(this.hitTest(_root.raket.area)&&this._currentframe==1)
{
this.play();
nyamukMati=1;
}
}

11.] Buka panel properties, kemudian pada kolom instance name beri nama nyamuk.

image ilmugrafis
image ilmugrafis

13.] Buatlah 3 buah keyframe dan pada masing-masing frame gambarkan sebuah raket dengan bentuk berbeda-beda seperti di bawah ini.

image ilmugrafis
image ilmugrafis
Langkah di atas di maksudkan untuk animasi raket saat tombol mouse di tekan.

14.] Seleksi gambar raket pada frame 1 dengan Selection Tool (V) tetapi tidak dengan pegangan raket. Liat gambar dibawah.

image ilmugrafis
image ilmugrafis

15.] Setelah diseleksi, ubah menjadi movieclip. Pada properties, beri nama area pada instance name.

16.] Pada frame 1, beri perintah stop();

17.] Keluar dari editor, masukan movieclip raket ke stage kemudian beri action script di bwah ini:

//menghilangkan pointer window
onClipEvent(load) {
Mouse.hide();
}
//mengganti pergerakan pointer dengan raket
onClipEvent(enterFrame) {
startDrag(this, true);
updateAfterEvent();
}
//animasi raket saat tombol mouse ditekan
onClipEvent(mouseDown) {
this.play();
}

Lalu, buka panel propertise, beri nama instance “raket”

image ilmugrafis
image ilmugrafis

18.] Langkah terakhir, pada frame 1 main movie ketikan script berikut:

//memperbanyak movieclip nyamuk
for(i=0;i<10;i++)
{
duplicateMovieClip(_root.nyamuk,”nyamuk”+i,i);
_root[“nyamuk”+i]._x=Math.random()*800;
_root[“nyamuk”+i]._y=Math.random()*600;
}

//menyembunyikan movieclip nyamuk yang asli
_root.nyamuk._visible=0;

19.] Jalankan movie (CTRL+ENTER).

Game Tangkap Nyamuk… Ciaaatttttt!!!!

Gimana, asik kaaannn??? Pasti asik dong😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s